Dosen Prodi D-III Kebidanan Menggandeng Puskesmas Sleman Untuk Menginisiasi Kegiatan Kelas Ibu Online Di Pandemi Covid-19

Prodi DIII Kebidanan Universitas ‘Aisyah Yogyakarta berkerjasama dengan Puskesmas Sleman mengadakan pengabdian kepada masyarakat dengan menginisiasi kegiatan Kelas Ibu Online. Sejak Pemerintah mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi Global pada maret 2020, terjadi perubahan tata aturan kehidupan masyarakat salah satunya kegiatan Kelas Ibu hamil yang sedianya rutin dilakukan harus berhenti karena menghindari mengumpulkan banyak orang diruangan tertutup guna mencegah penyebaran virus covid-19. Selama terhentinya kegiatan kelas ibu, Pihak Puskesmas belum dapat membuat kegiatan online dikarenakan terbatasnya Tenaga Kesehatan (nakes) yang dapat mengisi kelas ibu hamil, sebagian besar nakes terutama bidan terlibat dalam satgas penanggulangan Covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk dapat menjalankan kegiatan kelas ibu.

Dampak dari terhentinya kegiatan kelas ibu antara lain banyak ibu hamil maupun ibu menyusui mengalami kesulitan memecahkan sebuah permasalahannya karena keterbatasan untuk bertemu dengan tenaga kesehatan. Langkah yang biasa ibu lakukan yaitu dengan literasi dari beberapa sumber seperti internet dan meminta pendapat orang terdekat. Namun, tidak sedikit Ibu mendapatkan informasi kurang tepat sehingga bukannya menyelesaikan permasalahan yang terjadi malah semakin menambah permasalahan tersebut.


Tim Pengabdian Kepada Masyarakat DIII Kebidanan terdiri dari 3 Dosen (Sri Subiyatun.,M.Kes; Ellyda Rizki Wijhati.,M.Keb; Siti Istiyati.,M.Kes) serta 2 Mahasiswa (Diajeng Putri Hapsari; Ayu Wanda Puspita) menginisiasi kegiatan Kelas Ibu secara online dengan membentuk grup Whasapp dan secara rutin melakukan edukasi kesehatan melalui kuliah zoom maupun kuliah whasapp, serta melayai konsultasi kesehatan. Kegiatan ini berlangsung selama bulan dengan 80 anggota grup. Konsultasi online di buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB yang membahas permasalahan seputar kehamilan menyusui, perawatan bayi, informasi imunisasi bayi balita, imunisasi covid bagi ibu hamil dan ibu menyusui, perawatan bayi atau balita ketika sakit, dan informasi seputar parenting.

Para Ibu sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan karena selain kegiatan ini menarik, sangat relevan dan menjawab kebutuhan ibu-ibu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara virtual melalui konsultasi kesehatan gratis yang dapat memberikan solusi dari permasalahan kesehatan yang dihadapi. Manfaat lain yang didapat dari adanyan kegiatan ini adalah bidan Puskesmas terbantu untuk dapat menyebarkan informasi kesehatan seperti penyebaran informasi vaksinasi covid bagi ibu hamil, lebih mudah memantau ibu hamil resiko tinggi, membantu proses tracing kasus covid-19 dan mendekatkan pelayanan kesehatan antara nakes dengan masyarakat.