Dalam rangka penyelenggaraan Catur Dharma Perguruan Tinggi di dalam bidang pengabdian, Prodi D-III Kebidanan dan Prodi S-1 Gizi Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) melakukan kegiatan pengabdian yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu dengan memebentuk dan melatih kader kesehatan di Panti Asuhan Yatim (PAY) Putri Aisyiyah Yogyakarta yang berlokasi di Ngampilan, Yogyakarta [11/09/2021].

Kegiatan ini bertujuan dapat menciptakan generasi perempuan berkemajuan dengan mencegah terjadinya Anemia pada remaja putri serta meningkatkan kualitas gizi dan kesehatan reproduksi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Evi Wahyuntari (Dosen Prodi D-III Kebidanan), Faurina Risca Fauzia (Dosen Prodi S-1 Gizi), 2 mahasiswa kebidanan (Syifa Kusumaningtyas dan Enjel Febriani), serta 1 mahasiswa gizi (Dian) yang bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Tinggi PP’ Aisyiyah.

Kegiatan pembentukan kader diawali dengan memilih 5 remaja dari panti yang mampu melaksanakan kegiatan layanan Puskepan. 5 Kader yang dipilih diebrikan pelatihan terkait dengan anemia, gizi, dan pemantauan status gizi remaja. Kader juga dilatih cara melakukan pengukuran Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), Lingkar Lengan (LILA), Tekanan Darah, dan pengukuran anemia. Setelah kegiatan ini akan diadakan layanan di Puskepan yang digerakkan oleh 5 kader yang telah dilatih.